Bekerja Sama dengan FEB UI, DEA Adakan ToT Dasar-dasar Kewirausahaan Digital

Serpong (08/04/2022) – Program Digital Talent Scholarship (DTS) yang diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo memiliki sejumlah akademi pelatihan, salah satunya Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Untuk memenuhi kebutuhan instruktur dan trainer, Puslitbang SDPPPI –salah satu satuan kerja Badan Litbang SDM pelaksana DEA– mengadakan training of trainer (ToT) Dasar-dasar Kewirausahaan Digital.

Bertempat di Hotel Santika BSD City, Serpong, ToT ini berlangsung selama tiga hari sejak 6-8 April 2022. ToT yang diselenggarakan Puslitbang SDPPPI ini bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI).

DEA, respon atas kebutuhan pelatihan digital bagi pelaku UMKM

Dalam sambutan pembukanya, Koordinator Program DEA, Riza Azmi menyampaikan bahwa masa pandemi telah mengubah aktivitas tatap muka menjadi aktivitas secara daring, yang berdampak pada banyak sektor, termasuk UMKM. Para pelaku UMKM pun dituntut untuk mampu beradaptasi –dan beralih– ke platform digital untuk menjaga keberlangsungan usahanya.

Kebutuhan pelatihan bidang digital bagi pelaku UMKM dengan sigap direspon oleh Kementerian Kominfo melalui program DEA. Senada dengan Azmi, Rambat Lupiyoadi selaku staf pengajar dari FEB UI, yang menjadi salah satu master trainer pada ToT ini, mengatakan bahwa modul pelatihan yang diberikan kepada calon pelatih adalah materi-materi kewirausahaan digital untuk para pelaku UMKM agar siap beradaptasi di masa pandemi dan bangkit dari keterpurukan.

Modul ToT dibuat untuk menjembatani pelatih dan peserta DEA

Materi dasar-dasar kewirausahaan digital yang dicakup dalam ToT dibuat dengan landasan pentingnya urgensi digitalisasi para entrepreneurship. Modul ini ditujukan sebagai jembatan bagi pelatih dan peserta pelatihan DEA, sehingga para peserta memahami pentingnya pemanfaatan platform digital untuk pengembangan usaha.

Selain Rambat, masih ada tiga master trainer lainnya pada ToT ini yang juga berasal dari staf pengajar FEB UI. Ketiganya, yaitu Hapsari Setyowardhani, Aswin Dewanto Hadisumarto, dan Junior Eka Putro.

Diikuti oleh 69 orang peserta

Sebanyak 69 orang peserta antusias mengikuti ToT Dasar-dasar Kewirausahaan Digital ini. Topik pada ToT mencakup adopsi digital bagi bisni, digital marketing canvas, hingga pengenalan Google Business, website, dan SEO.

Melalui ToT ini, harapannya dapat memberikan kualitas terbaik kepada para peserta pelatihan DEA lewat instruktur terlatih. “Dengan adanya ToT, kami ingin memfasilitasi instruktur terbaik untuk melatih SDM UMKM meningkatkan skill digital, dan nantinya bisa mendukung kemajuan usaha mereka secara optimal,” tutup Azmi. (PSDP3I/RB-Pubdokpus/RAF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *